Pengertian Kartu Kredit

Pengertian Kartu Kredit

 

Pengertian Kartu Kredit

Pengertian Kartu Kredit

Kartu kredit adalah sebagai alat pengganti pembayaran secara kontan yang dikeluarkan oleh pihak penerbit (bank) dengan batas limit pemakaian yang ditentukan sesuai dengan syarat-syarat yang berlaku. Dan pihak yang menggunakan fasilitas ini diwajibkan untuk melakukan pembayaran baik secara kredit maupun secara keseluruhan (pelunasan).

 

Selain sebagai alat pembayaran, kartu plastik ini juga dapat digunakan untuk tarik tunai di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang ditunjuk oleh bank penerbit atau yang berlambang Visa dan Master.

 

Bentuk fisik dari kartu kredit ini adalah rata-rata persegi empat yang terbuat dari bahan plastik dan tertulis nama pemegang kartunya serta masa berlaku kartu tersebut. Dan dibagian belakang kartu ada bagian yang berwarna hitam, yang merupakan magnetik berisikan data-data rahasia si pemegang kartu.

 

Ada beberapa jenis kartu plastik yang dikeluarkan oleh pihak bank, beberapa diantaranya adalah kartu silver, kartu gold dan kartu platinum. Masing-masing kartu ini melekat fasilitas dan fitur-fitur yang berbeda setiap kartunya.

 

Dalam penerbitan dan penggunaan kartu plastik ini ada beberapa pihak yang terkait secara langsung antara lain :

1. Pemegang kartu (Card Holder)

Pemegang kartu berarti orang yang namanya tertera di kartu dan memiliki hak untuk menggunakan fasilitas yang melekat pada kartu tersebut. Kartu ini tidak dapat dipindah tangankan oleh pemegang kartu tersebut.

2. Merchant (Pedagang)

Merchant adalah tempat dimana kartu ini dapat digunakan seperti hotel, tempat perbelanjaan, restoran, tempat hiburan dan lain-lain. Tempat-tempat ini menempelkan logo dari pembuat kartu kredit di depan pintu masuk agar dengan mudah terlihat oleh pemegang kartu.

3. Penerbit Kartu (Card Issuer)

Pihak penerbit kartu atau bank adalah pihak yang mendahulukan pembayaran atas pengunaan kartu  kredit oleh pemegang kartu, yang selanjutnya akan menagihkannya kepada pemegang kartu dan harus dibayar secara kredit ataupun secara keseluruhan sebelum tanggal jatuh tempo.

 

Sampai saat ini penggunaan kartu plastik ini masih merupakan pilihan yang utama bagi mereka yang merasa keamanan lebih terjamin daripada membawa uang secara kontan. Apabila kehilangan dapat langsung memblokir kartu tersebut dengan menghubungi pihak penerbit kartu plastik tersebut.