Kartu Kredit Sebagai Modal Usaha

Kartu Kredit Sebagai Modal Usaha

 

Penggunaan kartu kredit dengan bijak dan cermat akan memberikan manfaat yang sangat besar terutama bagi seorang pengusaha dalam memberikan modal. Ya, kartu kredit dengan limit tertentu akan memberikan angin segar bagi mereka yang membutuhkan dana untuk keperluan usaha lainnya yang sifatnya mendesak. Meskipun demikian, tetap diperhitungkan segala pertimbangan agar tidak terjebak dengan skema pembayaran terutama untuk masalah bunga.

 

Memilih jenis kartu kredit dari sekian banyaknya jumlah kartu adalah hal yang mutlak dilakukan. Salah satunya dapat berhemat melalui iuran tahunan yang dikenakan sebagai bukti kepemilikan kartu kredit tersebut. Untuk jenis kartu regular besaran dana yang dikenakan lebih sedikit dibandingkan dengan jenis kartu premium.

 

Kemudian, jika berniat untuk melakukan pembayaran dalam bentuk cicilan, pilihlah kartu kredit yang memiliki suku bunga yang rendah agar tidak memberatkan nantinya. Umumnya, jenis kartu yang diterbitkan oleh pihak Bank lokal memiliki suku bunga yang rendah dibandingkan dengan Bank asing.

 

Cermati penggunaan kartu kredit sebagai modal kerja seperti mensiasati termin pembayaran yang dikenakan selama masa 30 hari sejak penarikan dengan cara memanfaatkan tanggal jatuh tempo. Sehingga pembayaran dapat dilakukan lebih dari 45 hari yang bermanfaat untuk memberi modal bagi usaha.

 

Merencanakan kebutuhan dan pembayaran kartu kredit juga harus dilakukan secara teliti dan tepat. Lakukan pencatatan di setiap transaksinya mulai dari tanggal penggunaan, biaya bunga hingga tanggal jatuh tempo untuk pembayaran sehingga dapat mengkalkulasi antara pemasukan dengan pembayaran. Hindari suku bunga yang tadinya terlihat lebih rendah malah justru menggeroti keuntungan bisnis yang dijalankan hanya karena salah atau terlambat melakukan pembayaran.

 

Satu hal yang perlu diingat adalah seorang pengusaha yang bijak untuk tidak tergantung pada pembiayaan usaha melalui kartu kredit. Meskipun sekilas menjadi solusi yang tepat namun tujuan diterbitkannya kartu ini lebih terfokus kepada retail. Lebih baik, ajukan permohonan untuk aplikasi perbankan lainnya yang memang dikhususkan untuk modal usaha dengan limit yang cenderung besar sehingga dapat mengcover seluruh kebutuhan usaha.