Kartu Kredit dan Kartu Debet

Kartu Kredit dan Kartu Debet

 

Berbagai fasilitas yang terus dikembangkan oleh pihak perbankan tentu memiliki satu tujuan yaitu memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi. Tidak dipungkiri memang gaya hidup terutama di masyarakat perkotaan mengalami perubahan yang cukup besar. Ini terlihat dari banyaknya pusat perbelanjaan yang muncul dengan promosi yang begitu menarik dan begitu tingginya volume transaksi yang berlangsung setiap harinya.

 

Fenomena ini tentu saja dimanfaatkan oleh pihak perbankan untuk menciptakan berbagai kemudahan dengan cara menawarkan kartu kredit dan kartu debet yang berfungsi menggantikan uang tunai sebagai media pembayaran. Adapun dua jenis kartu plastik ini memiliki perbedaan yang cukup besar namun peminatnya juga hampir seimbang.

 

Salah satu perbedaan yang mudah ditemukan adalah suku bunga yang diberikan. Pada kartu kredit, suku bunga pembelanjaan maupun tarik tunai sangat bergantung kepada kebijakan dari bank penerbit dimana suku bunga ini akan dikenakan jika melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo atau tanggal transaksi dicetak. Sangat berbeda dengan kartu debit yang notabene tidak memiliki bunga atas segala transaksi yang dilakukan.

 

Kemudian, perbedaan lainnya antara kartu kredit dan kartu debet adalah jumlah limit yang diberikan. Umumnya, kartu kredit memiliki batas tertentu sesuai dengan persetujuan pihak bank penerbit apakah 3 juta, 5 juta atau bahkan lebih. Sementara pada kartu debet, limit yang ada pada kartu tersebut tidak memiliki batasan dikarenakan dana yang dipakai adalah dana milik sendiri yang diambil dari tabungan.

 

Kurangnya penawaran yang menarik dengan menggunakan kartu debet dibandingkan dengan kartu kredit adalah perbedaan yang kerap dijumpai. Tidak sedikit nasabah mendapatkan keuntungan dengan menggunakan kartu kredit saat melakukan pembayaran seperti adanya point reward, harga diskon di merchant tertentu, sementara fasilitas lainnya. Sementara pada penggunaan kartu debet, hal ini sangat jarang ditemui bahkan cenderung tidak ada sama sekali.

 

Jadi, dengan melihat perbedaan antara kartu kredit dan kartu debet diharapkan konsumen dapat memilah jenis kartu apa yang sesuai dengan kebutuhan. Meskipun tujuan akhir yang ditawarkan memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat pembayaran.