Istilah Dalam Kartu Kredit

Istilah Dalam Kartu Kredit

Begitu banyaknya promosi yang terus dilakukan oleh pihak bank agar menarik nasabah dalam mengajukan aplikasi permohonan kartu kredit, namun bukan berarti sebagai calon nasabah secara sembarangan memberikan data maupun dokumen untuk pembuatan kartu kredit tanpa memahami sesungguhnya tentang seluk beluk dari kartu tersebut. Hal ini penting dilakukan agar kedepannya nanti tidak akan menemui masalah yang cukup besar yang akhirnya akan mengganggu stabilitas keuangan keluarga yang sudah direncanakan dengan teliti.

Salah satunya adalah mengetahui istilah dalam kartu kredit yang kerap digunakan oleh pihak perbankan untuk mengidentifikasi satu kegiatan keuangan guna mengkalkulasi biaya yang harus ditagihkan atas jenis transaksi yang dilakukan. Sebut saja dengan biaya tahunan atau annual fee yang besarannya sangat tergantung dari jenis kartu yang digunakan serta ketetapan dari pihak bank penerbit. Biaya ini dibebankan sekali dalam setahun sebagai tanda kepemilikan kartu kredit. Tidak sedikit ditemui ada juga beberapa pihak yang menggratiskan pada tahun pertama atau memberikan potongan guna menarik minat calon nasabah.

Istilah lain yang perlu juga diketahui adalah tanggal jatuh tempo yaitu batas akhir bagi si pengguna kartu dalam melakukan pembayaran sejumlah ketentuan yang sudah ditetapkan. Satu hal yang perlu diingat adalah waktu yang dibutuhkan oleh  pihak bank dalam melakukan verifikasi pembayaran adalah 3 hari. Artinya, guna menghindari keterlembatan pembayaran, setidaknya lakukan transfer dana 3-4 hari sebelum jatuh tempo yang bila terlambat akan dikenakan biaya denda dan akan membuat reputasi kredit menjadi buruk.

Selain itu, istilah lain yang juga digunakan adalah kartu tambahan. Kartu ini diberikan oleh pihak penerbit bila ada pengajuan dari pemilik kartu utama untuk digunakan oleh anggota keluarga lainnya seperti anak, kakak atau saudara. Adapun besaran limit yang ditetapkan tidak akan mengalami penambahan atau pengurangan.

Sebenarnya, masih banyak istilah dalam kartu kredit lainnya seperti Cash Advance, Credit Shield, suku bunga tahunan maupun transfer balance. Namun, dengan penjelasan diatas diharapkan calon nasabah ataupun pemilik kartu kredit dapat memahami dengan jelas dan detail istilah yang kerap digunakan.