Cara Penggunaan Kartu Kredit

Cara Penggunaan Kartu Kredit

 

Kemudahan yang ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit membuat setiap orang dapat memiliki fasilitas ini asalkan telah memenuhi syarat-syarat yang berlaku. Kadang satu orang dapat memiliki lebih dari satu kartu gesek elektronik ini, bahkan ada yang sampai memiliki lima buah kartu dari bank yang berbeda-beda.

 

Kemudahan terkadang tidak dibarengi dengan penggunaan fasilitas kartu gesek elektronik ini dengan tepat. Menggunakan fasilitas ini untuk keperluan yang tidak penting membuat debitur atau nasabah malah terjebak dalam lilitan hutang yang tidak ada habisnya.

 

Fasilitas kartu kredit ini ibarat api, selama masih api kecil dapat dijadikan kawan dan mudah dipadamkan tetapi apabila sudah menjadi api besar maka akan menjadi lawan dan melahap apa saja yang kita miliki. Demikian juga dengan kartu kredit, apabila kita bisa mengatur jumlah pemakaian kita maka kartu gesek elektronik ini merupakan sahabat kita tetapi kalau sudah pemakaian kita semakin besar dan konsumtif maka kartu gesek elektronik ini menjadi musuh utama kita yang bisa mencekik leher.

 

Cara penggunaan kartu kredit yang bijak dapat menyelamatkan anda dari jurang hutang yang dalam. Berikut tips yang dapat membantu anda mengatur penggunaan fasilitas kartu gesek elektronik secara baik :

 

1. Pergunakanlah fasilitas ini hanya untuk keperluan yang benar-benar mendesak, jangan pergunakan untuk keinginan tapi karena kebutuhan.

 

2. Pergunakan hanya untuk menduluankan belanja bulanan anda, dengan catatan begitu anda menerima gaji langsung lakukan pembayaran untuk melunaskannya tanpa mencicil.

 

3. Hindari membawa kartu  gesek elektronik ini ke tempat-tempat perbelanjaan, sehingga anda terhindar dari latah mata untuk belanja.

 

4. Lakukan pembayaran dengan tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo sehingga terhindar dari late charge (biaya keterlambatan)

 

5. Biasakan untuk membayar penuh tagihan anda sebelum tercatat di tagihan bulan berikutnya sehingga anda terhindar dari bunga kredit yang ditetapkan oleh bank.

 

6. Setiap melakukan transaksi yang besar, selalu pindahkan menjadi tagihan cicilan tetap dengan bunga 0%. Setiap bank memberikan fasilitas ini sebagai penghargaan kepada nasabah.

 

Itulah beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu anda dalam merencanakan penggunaan kartu gesek elektronik dengan terkendali.