Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit

 

Meskipun tagihan kartu kredit kian membengkak bukan berarti penyelesaian hutang terasa sulit apalagi saat ini banyak cara yang telah dijelaskan di berbagai surat kabar, majalah hingga situs di dunia online. Ya, hutang kartu kredit bukanlah satu hal yang perlu ditakuti meskipun ini terjadi dikarenakan kesalahan si pemilik kartu yang tidak menggunakannya dengan bijak dan cermat. Tidak memperhitungkan bunga, mudah menjadi konsumtif terlebih jika ada promosi yang ditawarkan serta kebiasaan membayar pada tagihan minimum adalah alasan mengapa tunggakan terjadi.

 

Langkah awal yang banyak direkomendasikan adalah menghentikan pemakaian kartu kredit tanpa alasan apapun. Ini penting dilakukan agar tidak adanya tagihan terbaru sehingga konsentrasi dalam melunasi hutang dapat lebih terealisasi dengan lancar. Tindakan yang dapat dilakukan bisa melakukan pemblokiran, menggunting atau menyimpannya di dalam dompet tanpa ada niat untuk menggunakannya kembali.

 

Kemudian, langkah kedua yang menjadi cara melunasi hutang kartu kredit adalah segera membayar tagihan yang dikenakan. Hindari pembayaran hanya pada batas 10% yang ditetapkan oleh pihak perbankan. Mengapa? Karena jika metode ini diterapkan bisa-bisa anda tidak akan terlepas dari jeratan hutang dikarenakan sistem bunga berbunga dipercaya mampu mencekik pengeluaran per bulannya. Jika tidak memiliki dana segar untuk melunasinya, lakukan tindakan ekstrim seperti menjual barang berharga lainnya seperti perhiasan atau menggadaikannya.

 

Langkah yang kerap dilakukan oleh mereka yang terkendala dalam membayar tagihan kartu kredit adalah melakukan negosiasi dengan pihak perbankan guna mengurangi bunga yang diberikan atau menghentikannya sama sekali. Beri alasan kepada pihak perbankan dan ungkapkan apa yang menjadi kendala terbesar yang sedang dihadapi. Dengan begitu pihak penerbit kartu akan memberikan solusi yang tepat agar nasabah mampu mengembalikan hutang.

 

Jadi, dengan melihat metode yang kelihatannya begitu sederhana diharapkan tagihan atau hutang kartu kredit yang cukup mengganggu dapat diselesaikan dengan cara cermat tanpa perlu melepas tanggung jawab terhadap pembayaran yang semestinya dilakukan. Tak perlu malu atau khawatir untuk memberikan penjelasan terutama kepada pihak perbankan.